Bagaimana Perhiasan Dapat Menunjang Penampilan Saat Hadir di Acara Kantor

Bagaimana Perhiasan Dapat Menunjang Penampilan Saat Hadir di Acara Kantor

Wanita identik dengan keindahan. Itulah salah satu alasan mengapa wanita suka mempercantik diri dengan perhiasan. Namun memakai perhiasan harus tetap menyesuaikan dengan momen dan kesempatan.

Berbagai perhiasan, seperti cincin , kalung, anting atau yang lainnya kerap dikenakan wanita untuk menunjang penampilan sehari-harinya.
Namun sebagai seorang wanita professional, tentu tidak seleluasa itu menggunakan semua koleksi perhiasan yang Anda miliki.

Berikut ini tips dan trik memilih perhiasan yang tepat untuk menghadiri acara kantor agar Anda dapat tampil menonjol dengan gaya yang memikat:

1. Pertimbangkan aturan berpakaian di perusahaan
Aturan berpakaian dari perusahaan akan menjadi pedoman dalam memandu pilihan perhiasan Anda. Misalnya, untuk acara formal, perhiasan yang lebih elegan dan mewah seperti berlian atau mutiara mungkin lebih sesuai. Sementara acara semi-formal kenakanlah perhiasan yang sedikit lebih santai.

Pahami juga bahwa kantor bukan panggung fashion show sehingga jangan gunakan perhiasan secara berlebihan apalagi sampai terkesan mencolok. Cukup gunakan sebuah perhiasan simpel seperti sebuah kalung mutiara ataupun sebuah gelang perak, maka akan tetap membuat Anda terlihat trendi. Kemudian padu padankan dengan atasan blazer berwarna abu-abu, maka penampilan Anda akan semakin menarik diantara rekan-rekan kantor lainnya.

2. Sesuaikan dengan jenis acara
Jenis acara akan mempengaruhi gaya dan jenis perhiasan yang sesuai. Sebagai contoh, untuk konferensi bisnis, perhiasan yang lebih konservatif dan profesional lebih cocok, sementara untuk pesta perusahaan, Anda mungkin dapat lebih berani dengan perhiasan yang lebih mencolok.

3. Hindari pemakaian perhiasan yang menganggu
Misalnya, hindari anting-anting yang terlalu besar atau gelang yang terlalu berat yang mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman atau membuat suara yang mengganggu.

4. Tetap pada gaya pribadi dan profesionalisme
Perhiasan Anda harus mencerminkan gaya pribadi Anda, tetapi juga harus sesuai dengan citra profesional Anda. Misalnya, jika Anda memiliki gaya yang lebih klasik, perhiasan berbahan mutiara mungkin lebih cocok daripada perhiasan yang berkilauan dan mencolok.

5. Pilih perhiasan yang unik
Sementara perhiasan harus mencerminkan profesionalisme Anda, itu juga harus menunjukkan sedikit kepribadian Anda. Pilihlah perhiasan yang memberikan sentuhan unik atau menarik tanpa menjadi terlalu mencolok. Misalnya, pilih kalung dengan desain sederhana tetapi menarik, atau anting-anting dengan warna yang menarik.

6. Perhatikan Keselarasan dan Keserasian
Pastikan perhiasan Anda saling berpadu dan sesuai dengan pakaian yang Anda kenakan. Misalnya, jika Anda memakai gaun berwarna emas, perhiasan emas mungkin lebih cocok daripada perhiasan perak.

7. Jangan berlebihan
Terlalu banyak perhiasan dapat membuat penampilan Anda terlihat berlebihan dan tidak profesional. Pilih satu atau dua item perhiasan yang menjadi fokus utama dan biarkan mereka berbicara untuk Anda.

8. Perhatikan Detail Kecil
Pastikan untuk memeriksa detail kecil pada perhiasan Anda, seperti kualitas dan kekuatan bahan, kecocokan ukuran, dan keamanan penggunaan (terutama jika Anda menggunakan perhiasan bergerak seperti bros atau anting-anting).

9. Berlian untuk tampilan lebih elegan
Pertimbangkan untuk memilih perhiasan dengan berlian atau mutiara yang memberikan kesan mewah, jika Anda harus menghadiri acara yang sangat formal atau mengharuskan Anda untuk tampil sangat elegan,

10. Berkonsultasikan kepada Konsultan Fashion
Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teman atau ahli fashion untuk mendapat saran dan pendapat mereka. Mereka mungkin dapat memberikan wawasan berharga tentang perhiasan yang tepat untuk acara tersebut. (Dewi Syafrianis)