Bijak Memilih High Heels, Bikin Sehat Kakimu

Bijak Memilih High Heels, Bikin Sehat Kakimu

Salah satu item fashion yang tak kalah penting setelah berbusana adalah alas kaki atau sepatu. Karena sepatu tidak hanya pelindung kaki saat berjalan dan beraktivitas, tetapi juga dapat membuat tampilan lebih elegan, menarik dan terlihat lebih berkelas.

Memilih sepatu yang tepat sangat penting, terutama ketika menghadiri acara formal atau kasual. Bagi wanita professional, sepatu high heels kerap menjadi andalan untuk mendapatkan efek kaki yang jenjang.
Namun apabila salah dalam penggunaannya justru menyebabkan cidera seperti keseleo serta yang terparah hingga mengalami kelainan tulang.

Berikut beberapa hal yang patut menjadi perhatian para pengguna high heels dalam memilih dan menggunakannya:

1.Pilihlah sesuai kebutuhan

Saat memilih sepatu, bukan hanya memperhatikan aktivitas atau agenda acara yang akan dijalani, namun penting juga untuk mempertimbangkan beberapa aspek mulai dari model, bahan, ukuran dan kenyamanannya.

2. Pastikan menggunakan ukuran yang pas

Jangan terbiasa membeli sepatu hanya karena terlanjur suka dengan model maupun harganya sekalipun ukuran kaki dan sepatu tidak cocok.
Karena high heels hanya akan terasa nyaman dan aman bila ukuran antara kaki dan sepatu saling padu. Dengan ukuran yang pas akan meminimalkan timbulnya lecet dan cidera.

3. Padupadankan dengan warna busanamu
Bagi kamu yang baru akan membeli high heels, pilihlah warna-warna aman dan soft seperti hitam, cokelat, dan abu-abu. Kecocokan warna busana dan juga high heels akan menjadikan kamu lebih menarik dan percaya diri.

4. Waktu yang tepat membeli sepatu
Membeli sepatu lebih baik dilakukan di sore hari dibandingkan pada saat pagi atau siang hari. Dari penelitian tentang struktur kaki menunjukkan bahwa ukuran kaki akan mengembang maksimal di waktu sore hari. Hal ini akan menghindari kamu dari kaki lecet akibat kekecilan high heels.

5 Pilihlah yang berbahan lembut
Untuk wanita professional yang bermobilitas tinggi, sepatu yang berbahan kaku atau keras akan membuat kaki cepat capek dan pegal-pegal. Jangan hanya tergoda oleh harga murah tetapi kualitas yang ditawarkan membuat kaki kamu cidera atau lecet.

6.Perhatikan ketinggian hak
Pilih sepatu dengan bantalan empuk di bagian insole dan pastikan tinggi haknya sesuai dengan kenyamanan Anda. Karena ketinggian hak yang sesuai sangat penting untuk kenyamanan dan stabilitas saat berjalan di kantor. Pilihlah hak yang tidak terlalu tinggi, idealnya antara 2 hingga 3 inci. mengorbankan penampilan.

5. Desain klasik dan berkelas
Desain yang klasik dan berkelas akan memberikan kesan yang profesional di kantor. Pilih sepatu high heels dengan desain yang sederhana dan elegan, seperti model pump atau slingback yang dapat dipadukan dengan berbagai jenis pakaian kantor. Hindari sepatu dengan detail yang terlalu mencolok atau aksen yang berlebihan.

6. Bersihkan secara teratur
Pemeliharaan yang baik akan memperpanjang umur sepatu dan menjaga penampilan Anda di kantor tetap maksimal.

7. Jenis-jenis sepatu High Heels
Tidak semua sepatu high heels diciptakan sama. Ada berbagai jenis sepatu high heels yang memiliki karakteristik yang berbeda, diantaranya:

1. Stiletto Heels: Sepatu dengan sepatu hak berbentuk lancip yang sangat tinggi dan tipis.

2. Block Heels: Hak yang lebih tebal dan lebih lebar, memberikan stabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan stiletto heels.

3. Wedge Heels: Sepatu dengan hak yang menyatukan tumit dan bagian depan sepatu, memberikan stabilitas tambahan.

4. Kitten Heels: Hak yang pendek dan tipis, biasanya tidak lebih dari 2-3 inci tingginya.
Pemilihan high heels yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda turut mempengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan (Dewi Syafrianis)